9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden.

9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden.
courtesy instructables


9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden.

Bagi kita kaum urban yang memiliki hobby tanaman hias namun memiliki kendala terbatasnya lahan, membuat kita mencari alternatif agar hobby tetap bisa disalurkan. Mungkin kalian masih asing dengan istilah disc garden. Tapi bagi pecinta tanaman hias tulen kalian tentu sudah tahu atau bagi yang belum tahu harus cari tau. 


Disc garden adalah miniatur taman yang terdiri atas beberapa macam tanaman hias dalam satu wadah (disc) atau pot. Wadah disc garden biasanya bundar dan agak lebar namun tidak wajib, bisa saja menggunakan wadah kotak atau bentuk lainnya. Dalam disc garden agar tidak monoton bisa juga dibuat seperti lansekap menyerupai hutan tropis, danau, persawahan dan sebagainya.


Disc garden juga hampir sama dengan terrarium, hanya saja terrarium berada dalam wadah kaca/ akrilik sedangkan disc garden dalam pot terbuka. Dalam perawatannya disc garden lebih mudah karena tidak perlu membersihkan kaca secara rutin, namun untuk media tanamnya sama. Merawat tanaman hias dalam disc garden adalah suatu seni yang butuh ketelatenan dan cinta, disc garden juga menjadi unsur dekoratif seperti halnya terrarium untuk mempercantik rumah. Ada pula disc garden yang peletakannya di tempel di dinding sehinga menyerupai tebing.


Berikut ini adalah 9 tanaman hias cantik untuk disc garden pilihan admin yang bisa kalian terapkan:

1. Prayer Plant

9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden prayer plant
courtesy bukalapak


Maranta leuconeura, juga dikenal sebagai Prayer Plant karena jika sore menjelang matahari terbenam atau saat mendung daunya akan menutup seperti tangan yang berdoa, ini adalah spesies tanaman berbunga di keluarga Marantaceae, yang berasal dari hutan tropis Brasil, bisa tumbuh hingga 30 cm dan meluas.

2. Aluminum Plant

9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden aluminum plant
courtesy bukalapak


Hampir mirip dengan Prayer Plant, Aluminum Plant memiliki nama ilmiah Pilea cadierei, tanaman aluminium atau semangka pilea, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga jelatang Urticaceae, asli Cina dan Vietnam. Tanaman ini bisa tumbuh rimbun hingga 25 cm.

3. Sirih Gading

9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden sirih gading
courtesy wikimedia commons


Tanaman ini paling populer di masyarakat dan banyak di jual di toko-toko tanaman hias terdekat, bernama ilmiah Epipremnum aureum adalah tumbuhan merambat yang biasa ditanam di pekarangan maupun dalam ruangan. Jika ditanam pada tanah pekaranga daunya bisa melebar besar, bisa juga ditanam pada media air.

4. Baby Tears
9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden baby tears
courtesy bukalapak

Bentuk daunya bulat kecil kecil sperti airmata bayi sungguh imut. Biasanya menjadi tanamn hias gantung yang biasa tumbuh lebat menjuntai, bisa untuk disc garden jika dilihat dari jauh seolah olah seperti hutan yang lebat.

5. Hedera Helix

9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden ivy hedera helix
courtesy pikist


Hedera helix atau biasa disebut juga dengan Ivy saja atau English Ivy merupakan tumbuhan merambat dari Eropa maupun Asia Barat. Tanaman ini cukup cepat pertumbuhannya cenderung ekspansif yang segera menjulur merambat kemana mana jika tidak dirawat.

Berikutnya Halaman    1.    2.

Related Posts:

0 Response to "9 Tanaman Hias Cantik Untuk Disc Garden."

Posting Komentar