10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden.

10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden.
courtesy needpix

10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden.

Masalah utama masyarakat perkotaan yang hobby tanaman hias adalah ketersediaan lahan yang memadai. Namun justru karena itu kita bisa mencari  alternatif lain untuk lahan menanam tanaman hias. Kali ini mimin akan bahas tentang vertical Garden atau taman vertikal. Vertical Garden adalah cara bercocok tanam dengan bentuk vertikal keatas, medianya adalah dengan melekatkan pot-pot ke dinding teras rumah, atau membuat rak-rak atau kawat ram yang dibentuk secara vertikal karena ketersediaan lahan yang minim.
Pot untuk vertikal garden bisa dari botol atau wadah bekas, seperti botol air minum kemasan atau wadah jirigen bekas. Jika ingin lebih rapi bisa beli alat Wall Planter yaitu semacam wadah pot yang tersusun secara vertikal terbuat dari polybag atau kanvas sebagai media tanam, penempatanya di tempel di dinding.
Sistem pengairannya bisa dengan manual disiram secara rutin atau memakai metode hidroponik. Vertikal Garden selain untuk tanaman hias juga bisa untuk sayuran konsumsi. Pada dasarnya tanaman yang cocok untuk vertical garden adalah tanaman yang memiliki akar pendek. Berikut ini 10 tanaman hias unyu untuk vertical garden:

1. Sirih gading (Epipremnum aureum)
10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden sirih gading
courtesy bukalapak

Tanaman ini adalah tanaman paling populer di masyarakat, mudah didapatkan di semua penjual tanaman hias terdekat, harganya murah meriah, mudah perawatannya. Bisa ditanam outdoor maupun indoor, pakai media tanam tanah bisa dan di airpun bisa. Dan bagusnya sirih gading bisa menetralisir polusi udara serta memberikan pasokan oksigen segar.

2. Lee Kwan Yew (Curtain Creeper)
10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden curtain creeper
courtesy bukalapak

Tanaman ini menjadi tren dan favorit pecinta tanaman hias karena bentuknya yang menjuntai memanjang hingga menyerupai tirai (curtain) hijau. Tanaman hias yang berasal dari Myanmar ini cocok ditempatkan di area outdoor dengan sinar matahari yang cukup. Bernama Lee Kwan Yew diambil dari nama perdana menteri Singapura yang memakai tanaman ini untuk proyek Garden City pada tahun 1967an. Sedangkan di Indonesia tanaman ini disebut Janda Merana?

3. Pakis Gunung (Nephrolepis exaltata)
10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden pakis
courtesy bukalapak

Paku atau pakis gunung juga salah satu tanaman populer untuk vertikal garden. Memiliki nama lain Boston Fern atau pakis pedang atau pakis kelabang sangat mudah perawatannya. Tanaman ini butuh area yang teduh lembab tidak terkena paparan matahari langsung, oleh karena itu perlu penyiraman secara teratur agar tetap hijau daunnya. Pakis juga terkenal sebagai tanaman pembersih udara sehingga udara disekitarnya lebih segar.

4. English ivy (Hedera helix)
10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden English Ivy
courtesy bukalapak

Jika menginginkan tanaman yang tumbuhnya segera rimbun, bisa dicoba tanaman Ivy ini. Terkenal sebagai tanaman ekspansif yang dapat tumbuh dengan cepat menjalar ke segala arah apalagi jika saat musim penghujan. Perlu untuk secara rutin memotong agar tidak menjadi tanaman penggangu. Daun Ivy juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk, peradangan dan antibiotik.

5. Philodendron Scandens
10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden philodendron scanden
courtesy bukalapak

Tanaman ini mirip dengan sirih gading bisa tumbuh subur di luar maupun di dalam ruangan. Perawatannya juga terbilang mudah hanya jangan terkena sinar matahari langsung.

Berikutnya ke halaman 1.    2.

Related Posts:

0 Response to "10 Tanaman Hias Unyu Untuk VertiCal Garden."

Posting Komentar